Ini Gejala Batu Ginjal yang Perlu Diketahui

Jum'at, 22 Juli 2016 - 00:02 WIB
Ini Gejala Batu Ginjal...
Ini Gejala Batu Ginjal yang Perlu Diketahui
A A A
JAKARTA - Penyakit batu ginjal tidak bisa dianggap remeh. Anda pun perlu tahu tanda-tandanya itu. Spesialis urologi Siloam Hospital Kebon Jeruk (SHKJ) dr Charles Martamba Hutasoit, SpU menjelaskan batu ginjal terbentuk karena endapan kristal. Umumnya berupa kalsium atau asam urat dan ditemukan di sepanjang saluran kemih.

Dari mayoritas kasus urologi di Indonesia, penyakit ini paling banyak terjadi, yakni sebesar 75% kasus. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang akan merusak fungsi ginjal hingga berujung pada gagal ginjal.

Sementara gejala batu ginjal biasanya tidak akan dirasakan penderitanya jika batu tersebut masih berada di dalam ginjal dan jika batu ginjal berukuran kecil. Namun, gejala akibat batu ginjal baru bisa terasa jika batu berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter.

Berikut beberapa gejala batu ginjal, yakni demam, mual dan muntah, gangguan buang air kecil seperti frekuensi bertambah, nyeri, berdarah, dan air seni keluar terputus - putus. Gelaja lainnya, nyeri pinggang menetap dan penderita sulit mencari posisi yang nyaman serta gelisah.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0579 seconds (0.1#10.140)